Dec 13, 2009

Sari Pati Sisa-Sisa Idealisme

Suatu keyakinan yang begitu kuat dan sakral mungkin akan tumbuh kapan pun di manapun, bahkan ketika dalam perjalanannya pun ruang gerak untuk memunculkannya begitu sempit dan terbatas. Ini adalah kecenderungan, refleks manusia yang tendensial ketika terjebak, terhimpit sesak dan membutuhkan sedikit udara segar untuk kembali berhasrat menempuh apa yang sedang mereka tempuh.

Keyakinan adalah produk suatu pemikiran yang lugu dan polos, begitu orisinil dan natural, tidak terpolusi segala macam imajinasi, senggolan dan godaan perkembangan zaman yang arusnya begitu cepat mengalir, membawa individu ke satu model kehidupan modern yang mereka dambakan, atau malah menimbulkan ketidaknyamanan hidup bagi beberapa individu yang masih mendambakan masyarakat yang "tetap madani".

Sebuah permainan psikologis pikiran, yang seiring berkembangnya dunia dan nutrisi menjadi lebih dari sekedar alat pemecahan masalah. Kepala manusia sudah dipenuhi dengan berbagai sarana multi-tasking yang begitu canggih dan kompleks, di mana dalam prosesnya, intrik, skandal dan konspirasi menuntut diperhatikan dan diikutsertakan. Dunia bukan lagi taman eden dengan peraturan sederhana tentang buah terlarang. Dunia sudah menjadi arena bermain luas dengan berbagai wahana yang siap mengguncang hidup kita. Salah naik? Resiko ditanggung penumpang!

Kejelasan dan kepastian, akhirnya memperkenalkan diri sebagai satu hasil proses dari pemunculan keyakinan dalam pikiran seseorang, sebagai suatu sugesti yang coba diracuni secara positif ke dalam pikiran, kadang malah lebih tidak manusiawi dan lebih absurd dari filosofi berdoa, beriman dan beragama. Bagaimanapun, statistiknya, kejelasan dan kepastian adalah sesuatu yang terlepas dari keyakinan sekuat apapun, suatu happening yang kecil peluang terjadinya = langka!


Ketidakjelasan dan ketidakpastian sebuah Kejelasan dan Kepastian menjadikan keyakinan seperti sebuah fenomena langka yang membutuhkan effort ekstra saat memunculkannya. Satu cerita baru kehidupan manusia di era berkembang, yang belum ada triknya. Bagaimana pun juga, semua hal di dunia ini punya trik penyelesaian masing-masing yang ratusan tahun lalu tidak bahkan terlintas di kepala para cendekiawan.
**


Perkembangan wahana-wahana di dunia akhirnya pun memunculkan karakter-karakter beragam dari cara berpikir manusia, beberapa bahkan dicela mayoritas, hanya karena mereka sedikit berbeda. Karakter-karakter yang berkarakter! Kritis, lugas dan orisinil adalah satu hal langka yang agaknya masih harus mengantri untuk bisa (diijinkan) masuk ke dalam peradaban modern.


Individu-individu yang berani "melenceng" dari orbit, menjadi kritis, lugas dan orisinil, mempertahankan keyakinan dalam, di tengah ketidakjelasan dan ketidakpastian, menjadikan dunia menjadi lebih kompleks dan absurd: Menarik.

3 comments:

Ronny said...

met kenal! bahasanya berat sekali dan susah untuk dinikmati..

gonzology said...

sang,, komennya berat sekali dan susah untuk dinikmati!!! hehehe... lol

Risang "Darto" Seno Sidik said...

@ Ronny:
halo salam kenal juga ronny. hehehe. kadang2 ada beberapa tulisan yang sesuai labelnya: abstract, yang memang purposenya sekedar "mengekstrak uneg2 dari kepala". :)

@ gonzology:
lolzz!:))