Jun 30, 2008

Jobben in Norisring

Deutsche Tourenwagen Meistershaft (DTM), atau lebih kerennya, balapan mobil Jerman. Event ngetop kelas gedongan orang jerman, di mana Formel 3 turut diperlombakan dan pada puncak acara, DTM, yang dikenal sebagai suatu sarana promosi besar-besaran, di mana dua raksasa dalam otomotif dunia, Mercedesz-Benz dan Audi bersaing mempertahankan pasar? sebentar, pasar? Kelihatannya pasar bukan lagi kata yang tepat, GENGSI mungkin kata yang paling tepat. Mempertahankan gengsi di depan pasar, saling mempertunjukkan kebolehan dalam bidang teknik, event organizing, bahkan mungkin, hospitality terbaik bagi para tamu undangan yang selama acara digelar, non stop menghadiri party yang diadakan oleh berbagai macam sponsor DTM, sebut saja, Porsche, Dekra, Dunlop, VW, dan lain.lain. namun pada intinya, persaingan utama hanya meliputi Audi dan Mercedesz. Dan kali ini, „adu gengsi“ yang menghabiskan kocek ribuan ratusan ribu euro ini diadakan di Sirkuit, Norisring, Nürnberg, Jerman.

*Gambar di atas, ehemm.. tolong ya.. yang saya tekankan bukan mobilnya, melainkan lantainya... kar'na saya yang ngepel, itu....hahahaha!

HAL KECIL YANG TIDAK TERLIPUT
Glamourus,
mewah.. hmm.. classy, parlente, necis.. apalagi ya kata-kata yang berasosiasi dengan acara ini? Sungguh luar biasa rasanya, pertama kali saya berjalan melintasi kawasan balapan itu, There’s no such thing like this i’ve seen before. WOW, di mana sponsor dengan restaurant atau bar dadakannya berdiri dengan mewah dan megah, dengan logo masing-masing yang tergantung di atas pintu masuk dengan sangat mewah ," Porscheeee...." begitu rasanya refleks saya menggumamkan logo sebuah perusahaan di atas pintu masuk restoran itu.. Belum lagi sekejap mengintip paddock, dimana mobil-mobil f3 tengah dirakit, weeww. Ada satu perasaan excited yang akhirnya jadi cenderung udik saat berada di sana.. hehe.. Hmm.. tapi btw, apa yang saya lakukan di sana? Hahaha! Pertanyaan yang bagus. Yup! Saya bekerja paruh waktu selama week end kemarin. Terdengar menarik, shift malam dengan uang tambahan dan beberapa teman ikut serta, kenapa tidak… Dan lalu, apa yang saya kerjakan? Say… hal ini disebut Reinigungs Arbeit. Keren kedengerannya? Haha.. padahal sederhana saja. dalam bahasa inggris reinigung artinya: cleaning! Arbeit artinya pekerjaan. Intinya, pekerjaan bersih-bersih.

Jadi begini, ada hal yang selalu menjadi bagian dalam event besar, tapi tidak akan pernah berada di depan layar, tidak terliput koran dan majalah tidak tersorot kamera TV dan tidak akan ada yang tahu, kecuali ada yang bertanya:“siapa yang melakukan pekerjaan ini?“. Bahkan saya pun baru tahu bahwa dalam event besar seperti ini, ada satu perusahaan yang bahkan harus memenangkan tender lebih dahulu untuk dapat mengambil bagian dalam reinigungs arbeit event tersebut. Dan, dalam kasus ini, perusahaan "yang beruntung itu" bernama Olymp GmBh= perusahaan bersih-bersih. Ouch! Dan saya? Yup! Selama 3 hari, saya bekerja di sana. Mulai dari mengelap meja restoran, sedot debu atau apapun yang ada di lantai dan mengotori, membersihkan daun-daun kering, membersihkan mobil, kaca, teras, toilet, dan banyak hal lainnya. Prinsipnya, bag, borrow, steal, Olymp don’t care it must be clean!

Sialnya… secara insidentil saya selalu masuk dalam shift malam, mulai dari jam 22:00 sampai minimal jam 08:00 keesokan harinya. Gaji?yahh lumayan, kabarnya, shift malam dan kerja akhir minggu dihargai sejumlah uang, tapi? Capeknya luar biasa! Kerja malam hari dengan siang hari jauh berbeda. Siang hari, kita hanya harus memastikan semua bersih dan terlihat baik, malam hari, di saat semua acara dan pesta selesai, kita harus membereskan segala fasilitas yang diapaki, ruangan, mebel, dsb, subuhnya, mempersiapkan untuk keesokan harinya. Non Stop!

ORANG-ORANG KAYA BERKELAKUAN MONYET
Sampai sekarang saya masih agak alaergi mendengar kata PORSCHE.
huff.. Tempat itu, yahh, sebutlah "pos" saya bekerja selama 3 hari berturut-turut. Ngapain aja? good question... Pertanyaan "firestarter" Umph, berapa lama ya kira-kira orang maksimal membersihkan ruangan dengan vacuum cleaner? 2 jam 3 jam?4 jam maks? itu pun sudah luar biasa lama... Ehemm... Saya pernah melakukannya selama 6 jam 30 menit. Dan setiap hari, rata-rata ya segitu lama itu! Dan Porsche! Itu katastrophe total, selain meja dan kursi makannya padat, ruangan itu besar sekali ukurannya, gelap dan panas! Seusai pesta, orang-orang meninggalkan ruangan tersebut termasuk pegawai dan bartendernya, dalam keadaan kotor, gelas pecah-pecah, basah, flek-flek di karpet , sampah dimana-mana dan, ruangan itu harus dalam waktu 8 jam ke depan bersih seperti semula. Fewwh.. yang lain.. Setelah jam ke 5, badan mulai terasa sakit kaku dan pegel luar biasa. Kalo supervisornya lagi baik, ada istirahat setengah jam, kalo nggak.. yasudah, kerjain lah!makan tuh sedot debu sampe pagi !haha.. Sulitnya lagi kerja malam, kita melawan jam biologis kalau kata sherine, jam biasa kita tidur, sekarang kita bangun dan bekerja. Dan rasanya, sungguh luar biasa melelahkan. Dan untuk orang-orang kaya yang berpesta di Porsche, wah, benar-benar kalian semua berkelakuan seperti monyet!hahaha.. Saya masih mending membersihkan WC daripada harus kembali lagi ke Porsche dan membersihkannya.
Hehe..

AS IT'S OVER
Terlepas dari semuanya, pada akhirnya pekerjaan ini boleh lah disebut menarik. Kapan lagi sih bisa masuk paddock dan melihat langsung aktivitas mekanik-mekanik formel 3 dan DTM? Dan terlebih lagi buat saya, ikut serta dan berkontribusi dalam sebuah event organizer seperti itu, benar-benar macht spaß, saya menikmati dan sangat menikmati, apalagi sejak masa sekolah, saya sudah maniak organisasi, sayang selama di sini, penyaluran "kegemaran" itu optimal.
Moment DTM kemarin, membuat saya serasa recharged dan seperti sesaat menjadi diri saya sendiri seperti dulu, meskipun melalui membersihkan WC dan lain-lain. Na ja.. pelajaran berharga plus bonus uang hasil kerja cukup memuaskan saya. Semoga pelajaran hidup week end kemarin berharga dan bermanfaat untuk kerja-kerja berikutnya atau hal lain yang bisa dipengaruhi olehnya.. NA JA...

3 comments:

sherinesky! said...

>>Gondrong is here<<:
hidup tuh emang gitu sang, pertama2 kita kerja kayak kuli bersih2, tapi nanti2nya kita yang "pegang" setir DTM! cuma ga tau kapan, tergantung nasib lah..LOL!

Risang "Darto" Seno Sidik said...

hahaha.. hidup memang dimulai dari ngelap meja sampai nantinya ngelapin batangan-batangan emas di kamar gwe atau mulai dari mbuangin sampah sampe nanti bisa mbuang-mbuang duit..hahaha.. hope so lahh..

sherinesky! said...

>>sherine<<: amin..begitulah hidup! haha..caranya nge link blog gw: customize, trus add page element, cari yang "add blog list", trus lu add blog address gw.. www.sherinesharing@blogspot.com

ok deh, sukses selalu yaaa..