Jul 2, 2008

Wilkommen Juli: Ujian.. Ujian.. Ujian..

Sedikit udara, di petang hari ini, tiba-tiba saja memecah kesunyian kamar yang begitu ruhig sejak siang sepulang studkol. Suara musik kamar sebelah, suara tawa orang yang sedang "berjemur" di depan kamar, suara "klontang-klontang" orang masak atau bunyi pintu depan dibuka. Jam 20:03, matahari masih bersinar seperti layaknya siang hari, sedikit mendung, tapi sudah cukup menjelaskan, jetzt ist sommer. Panas, sedikit berawan 32°c hari ini, bukan suhu dan cuaca yang mudah dihadapi bagi manusia yang mengalami 4 musim. Baru saja musim semi lewat, menyusul musim dingin yang menyelimuti keseharian hampir selama setengah tahun, apalagi, tahun ini, cukup bisa dikatakan "spesial", hampir saja saya percaya bahwa saya tidak akan kebagian sommer tahun ini, menyusul suhu dan cuaca yang gak karuan tidak jelas maunya apa. Salju baru turun di bulan Maret, malah selama akhir 2007, salju hanya turun di malam tahun baru dan beberapa kali dalam jumlah yang kecil. Sedikit banyak, masa pancaroba a'la Jerman kemarin lumayan bikin stress loh, Ntah kenapa, tapi ya.. it did.. tapi.. hmm.. stress karna cuaca, memang berangsur-angsur menurun, tapi, suhu di kepala orang-orang di bulan Juli bahkan bisa lebih panas dari 32°c, seiring kami menyongsong UJIAN! taaaraaaaaa!


Well.. bagi student yang ada di Bayern, Juli bukan atau lebih tepatnya belum menjadi masa liburan yang menyenangkan seperti di bundesland lain, di saat semua sudah libur, sibuk ferien arbeit atau reisen atau pulang kampung, kami di sini masih harus menempuh ujian. Kabarnya sih, entah berdasarkan survey apa, tapi sudah jelas bahwa pendidikan paling alot pasti ditemukan di Bayern, susah masuk-susah keluar, begitu kira-kira. nah, ngomong-ngomong ujian, saya jadi ikut stress melihat orang-orang yang mulai stress karna ujian, ada yang menempuh FSP (Ujian akhir studienkolleg) ada yang sekarang menghadapi dritte Versucht (kesempatan terakhir ujian, kalo gak lulus juga.. D.O) ada pula yang kejar setoran dikejar jatah waktu kuliah yang semakin tipis, atau usia yang semakin tua atau target-target lainnya.. Ada pula yang memang terlalu eager untuk mendapatkan prestasi yang super saat ujian. realisasi dari persiapannya, terbawa stress saat belajar. Sementara saya, saya cenderung banyak menghabiskan waktu menenangkan pikiran, ga usah terlalu stress, mau gak mau itu akan datang sendiri, dan lagipula sudah terbukti, metode SKS (Sistem Kebut Semalam) gak pernah berjalan optimal, prinsipnya, dateng kelas, partisipasi, ngulang, niscaya semua maksimal. tapi... hmm... sedikit banyak, pengaruh eksternal mempengaruhi ketenangan yang tengah saya upayakan. Mau gak mau ya, melihat orang persiapan ujian, mondar mandir bawa ordner bejibun, dengan mimik mereka yang beda dari biasanya, mateks,sendu, tanpa senyum, cenderung terlihat panik dan bingung dan lalu fenomena lain yang berubah drastis, seperti pengunjung bibliothek yang semakin banyak atau kelompok belajar di cafetaria membanjir atau, student-student yang mengambil "jam lembur" di kelas seusai kuliah. Saya kok jadi terpengaruh ya?

2 minggu lagi, dan situasi, suasana ujian resmi dimulai.. teng..teng..teng.. artinya? 2 minggu persiapan mental dan fisik, 2 minggu kesempatan mengulang dan menguasai bahan, 2 minggu kesempatan bertanya sama yang lebih pinter, dan 2 minggu sebelum saya jadi mateks,sendu, tanpa senyum, cenderung terlihat panik dan bingung, dan ikut berkontribusi dalam mempopulerkan dan meramaikan fenomena kampus sebelum ujian. hahaha.. gak segitunya.. yang pasti.. Do your best and let God do the rest. masih saya pegang prinsip itu, dan itu sudah cukup menghibur saya. Seperti kata instruktur terjun payung Airborne 506th di Camp Toccoa, saat mempersiapkan pasukan penerjun paynung pertama, "Jump, open your chute, and let gravity take the rest!". Well, Selama kita berusaha pasti ada hasil, selama kita berharap pasti ada jalan, selama kita belajar pasti ujian bisa.. Sisanya, serahkan pada alam! insya Allah..

3 comments:

sherinesky! said...

juli itu ibarat bulan maksiat..cieh bahasa gw..jangan ditiru ya..hahaha! selamat menunaikan ujian, belajarlah yang rajin supaya nilai2nya baik (nasihat ala ibu tiri yang baik hati). LOL

TDM said...

selamat menunaikan ujian jg y sang! hehehehe..
gw dong ud sleseeeeeeeee ujian nya..

Risang "Darto" Seno Sidik said...

hahahha.. makasih ya untuk kata-kata mutiara dan duiungan moralnya..hihihi.